JABARACA TERLAHIR DARI LIBRARY SUPPORTER



Saat ini, Banyak komunitas baca yang dibangun dari kesadaran masyarakat untuk turut serta dalam mengembangkan budaya baca. Mereka melakukan beragam kegiatan bagi masyarakat dan membuatnya menjadi sebuah gerakan yang menggembirakan.
Dalam perjalanannya, komunitas baca melakukan irisan baik dengan para penulis, perguruan tinggi, penerbit, dan dunia usaha yang memiliki perhatian kuat terhadap pemberdayaan masyarakat melalui perpustakaan desa, taman bacaan masyarakat, dan sudut baca.
Tidak sekedar mengelola untuk membesarkan lembaganya, tetapi pengelola taman baca dan sudut baca yang juga library supporter di Perpustakaan Daerah Kabupaten/Kota dan Provinsi, mereka bergerak bahu membahu untuk saling merekomendasikan kesempatan mulai dari buku dan sarana pendukung lainnya.
Semangat inilah yang mendorong lahirnya JABARACA atau #JawaBaratMembaca, yang dibentuk oleh Library Supporter, perwakilan pengelola Taman Bacaan Masyarakat, Sudut Baca, Perpustakaan Desa, Perpustakaan Daeran Kabupaten/Kota, penerbit, penulis dan perguruan tinggi.
Sebelum acara pemilihan ketua Jabaraca, dilakukan persidangan secara terbuka diawali dengan pemaparan penghantar pentingnya sebuah forum komunikasi oleh Wien Muldian seorang pegiat literasi nasional yang banyak mendukung gerakan literasi di Jawa Barat dengan tema “Membangun Partisipasi Keluarga, Komunitas dan Masyarakat dalam Program Perpustakaan dan Literasi: Konsepsi dan Praktik”.
Penetapan ketua Jabaraca dilakukan di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jawa Barat (30/11/2015), ditandai dengan penyerahan bantuan buku dari Gramedia Jakarta bagi peserta yang hadir dan 2 minggu selanjutnya pengurus melakukan kegiatan memilah buku bantuan dari The Asia Foundation bagi TBM, Perpusdes, Perpustakaan Sekolah, dan Perpustakaan Daerah yang tersebar di Jawa Barat.
Jabaraca sebagai wadah Perpustakaan Desa/Kelurahan dan Perpustakaan Masyarakat di Jawa Barat dapat menjadi sarana sharing dan bersinergi dengan berbagai pihak yang sama-sama memiliki komitmen dalam memajukan masyarakat melalui transformasiperpustakaan untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat, dapat berjalan secara berkesinambungan.
Secara khusus, berbagai kegiatan yang diakukan didasarkan pada tujuan pebentukan Forum Jabaraca sendiri, yakni:
1.      Sebagai sarana komunikasi untuk saling belajar dan memotivasi antar pengelola Perpustakaan Desa/Kelurahan dan Perpustakaan Masyarakat,
2.      Membantu peningkatan pembinaan, monitoring, dan pengembangan Perpustakaan Desa/Kelurahan dan Perpustakaan Masyarakat,
3.      Peningkatan kemampuan dan profesionalisme pengelola Perpustakaan Desa /Kelurahan dan Perpustakaan Masyarakat melaui Pelatihan, Peer Learning Meeting (saling belajar antar perpustakaan), dan seminar,
4.      Membentuk jaringan/mitra kerjasama dengan lembaga yang peduli untuk pengembangan perpustakaan.

Tentu saja Jabaraca menghaturkan banyak terimakasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung dan berkomitmen untuk melakukan peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui transformasi perpustakaan yang ditandai dengan; banyaknya kegiatan pelibatan masyarakat, mendapat dukungan multi pihak dan memastikan perpustakaan memberikan layanan mengikuti kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi. 
Sebagai awalan sengaja Jabaraca menggunakan alamat jabaraca.blogspot.co.id, untuk mempermudah apa yang saat ini bisa dilakukan sambil bergerak terus meningkatkan diri dengan tetap tidak meninggalkan subtansi gerakan Jabaraca yang akan terus bergerak dan bergerak. Semoga!

Hatur nuhun.
TIM JABARACA
Jabaraca

Jabaraca

Sebuah gerakan kultural untuk Jawa Barat dan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: