BELAJAR PEMASARAN SECARA ONLINE DI PERPUSKAB SUKABUMI

dokumentasi pribadi
Pada hari Sabtu yang mendung (28/1/2017), perpustakaan kabupaten Sukabumi ramai oleh pengunjung walaupun hari itu adalah hari libur nasional. Sisa-sisa hujan tidak menyurutkan langkah 45 orang pelaku UMKM yang tinggal di kota dan kabupaten Sukabumi untuk hadir di kelas komputer yang bertajuk “Optimasi Website dan YouTube Marketing”. Selain yang berasal dari Sukabumi, ada juga peserta dari luar kota seperti Bandung, Jatinangor, dan Indramayu. Di kelas ini peserta belajar cara memperluas pemasaran produknya secara online.
Dinas kearsipan dan perpustakaan kabupaten Sukabumi sebagai tempat penyelenggara kegiatan bekerjasama dengan bukalapak.com dan pendamping program 1 juta website gratis kemkominfo (Kementrian Komunikasi dan Informatika), Kombigbos (Komunitas Bimbingan Bisnis Online Sukses). Pertemuan ini adalah pertemuan lanjutan. Pertemuan sebelumnya peserta difasilitasi untuk mendaftar ke kemkominfo supaya mendapatkan website gratis.
Pada kesempatan ini, peserta diberi bekal bagaimana mengoptimasi website yang sudah didapat supaya bisa jadi menarik dan dapat digunakan untuk berjualan secara online. Ditunjukkan pula fitur-fitur yang perlu ada di website supaya websitenya dapat digunakan sebagai tempat beinteraksi dan bertransaksi dengan pengunjung website dan pembeli.
dokumentasi pribadi
Selain berkutat dengan website, Pak Amun sebagai instruktur juga menjelaskan cara pemasaran produk melalui YouTube. Titik penting dari pemasaran lewat YouTube adalah mencantumkan kata kunci yang tepat pada kolom deskripsi sehingga bisa muncul di halaman depan situs pencarian. Untuk menemukan kata kunci yang tepat kita harus melakukan riset.
Perpustakaan kabupaten Sukabumi bukan hanya sekali dua kali mengadakan kelas komputer. Melihat di jadwal yang tertera dalam banner, kelas komputer rutin diadakan tiap minggunya. Selain tentang pemasaran produk secara online, kelas komputer juga mengadakan pelatihan menggunakan Microsoft Office, coreldraw, dan desain grafis.
Kelas komputer hanyalah salah satu kelas kegiatan yang ada di perpustakaan kabupaten sukabumi. Di samping itu masih ada kelas bisnis, kelas bahasa jepang, kelas kreasi, kelas bahasa Inggris, Beauty class, dan kelas tari. Bagi yang tertarik, bisa berkunjung ke perpustakaan kabupaten Sukabumi dan mengikuti kemeriahan kegiatan yang ada disana.

 

Nani

Pustakawan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: