WISATA EDUKASI KE PLANETARIUM BERSAMA RUMAH PELANGI DAN JALUR BEKASI

dokumentasi pribadi

Yey! Akhirnya hari yang ditunggu tiba! Setelah beberapa hari ini menyiapkan segala sesuatunya untuk keberangkatan hari ini. Cukup lelah tapi ketika hari ini telah tiba rasanya lega dan menyenangkan. Aku dan teman-teman di TBM Rumah Pelangi akan jalan-jalan ke Planetarium!
Bangun pagi-pagi (05:03), selesai ini itu, langsung pergi ke Rumah Pelangi (05:48). Sesampainya di Rumah Pelangi ternyata masih sepi, tidak ada tanda-tanda kehidupan. Setelah masuk ke Rumah Pelangi, ternyata ada yang masih tidur. Belum pada bangun. Susah banget bangunnya mereka yang pada menginap. Walaupun dengan banyak usaha akhirnya bisa bangun juga.
Setelah menunggu adik-adik kumpul, lalu dilanjutkan untuk absensi. Setelah itu kami masuk ke mobil dengan kelompok masing-masing. Di mobil yang kunaikki, ada empat kelompok. Keseruan di mobil mulai pecah ketika mobil berangkat, “Bye bye Rungi, nanti kita balik lagi ko,hehehe”.
Perjalanan dipenuhi dengan gelak tawa dan suara nyanyian yang bisa dibilang sedikit agak menyakitkan telinga namun sangat menyenangkan. Aku senang sekali karena aku bisa ditemani oleh adik-adik yang lucu-lucu ini.
Ketika sampai di Stasiun Bekasi, kami turun dari mobil dan berkumpul untuk pembagian goodie bag dan tiket masuk kereta. Kami kemudian menumpang kereta Bekasi-Jakarta Kota. Setelah di kereta kami menemukan keseruan lagi. Hal-hal lucu yang tidak diduga serta foto selfie gembira para korlas dan anak-anak.
Setelah sampai di stasiun Cikini, kami mulai turun dan menunggu peserta berkumpul untuk melanjutkan perjalanan menuju Planetarium yang terletak di komplek Taman Ismail Marzuki Jakarta dengan menaiki Kopaja. Sepanjang jalan menaiki Kopaja kami tetap bernyanyi-nyanyi hingga tidak terasa sudah sampai di Planetarium-Jakarta. Kami kemudian turun dan bergegas masuk ke dalam area Planetarium-Jakarta untuk memesan tiket dan melihat pertunjukan bintang.
Setelah menunggu hampir setengah jam kami pun akhirnya masuk untuk melihat pertunjukkan. Kami duduk di kursi yang telah disediakan. Setelah lampu dimatikan, mulailah bermunculan cahaya-cahaya yang menyerupai bintang-bintang. Rasanya seperti melihat ribuan bintang di malam yang cerah. Indah bukan?
dokumentasi pribadi

Namun ketika pertunjukan berlangsung, rasa lelah karena perjalanan jauh melanda diriku dan mata ini mulai mengajak untuk terpejam. Namun sulit rasanya untuk terpejam karena di atasku ada ribuan bintang yang menanti untuk dilihat.
Aku suka bintang / Sebab sinarnya dapat menerangi malam / Sebab keindahannya dapat menghiasi langit malam//
Pertunjukan terus berlangsung dengan sangat menakjubkan. Kami melihat ribuan bintang dan kami diperkenalkan dengan sistem tata surya. Kami seperti melayang di luar angkasa. Indah sekali ciptaan Allah ini bukan?
Setelah pertunjukan selesai dan lampu mulai nyala kembali, rasanya seperti orang baru bangun tidur. Hadeh udah pw nih, ngantuk beneran. Hehehe.
Setelah keluar dari tempat pertunjukan, kami beristirahat. Acara dilanjutkan dengan games dan pemotongan kue dari kakak-kakak Jalur Bekasi. Setelah selesai acara kami mulai meninggalkan area Planetarium-Jakarta dengan menggunakan Kopaja lagi menuju ke stasiun Cikini dan melanjutkan perjalanan untuk pulang.
dokumentasi pribadi

Setibanya di stasiun, kami naik kereta lagi ke Stasiun Bekasi. Sesampainya di stasiun Bekasi kami menaiki mobil yang tadi pagi kami naiki menuju Rumah Pelangi. Di perjalanan ada saja hal-hal yang membuat pipi ini pegal untuk tertawa. Tingkah anak-anak ini sangat lucu. Selalu saja membuat aku tertawa terbahak-bahak sampai rasanya perut ini sakit.
Sesampainya di Rumah Pelangi, kami turun dari mobil dan beristirahat sejenak untuk melepas rasa lelah. Setelah cukup beristirahat, mulailah satu-persatu dari kami berpamitan pulang.
“Terimakasih kakak-kakak dari JALUR BEKASI yang sudah mengajak kami untuk berwisata sambil belajar ke Planetarium-Jakarta. Terimakasih kakak-kakak dari Rumah Pelangi, kakak-kakak korlas yang sudah dengan baik menjaga adek-adeknya. Terimakasih adek-adekku sayang yang sudah mau ikut serta dalam wisata edukasi ini. Aku sayang kalian, dek. Aku harap akan ada wisata edukasi berikut dan berikutnya agar adek-adek tau banyak tentang ini dan itu. Aku harap kalian semua merasa gembira karena sudah ikut serta dalam acara ini. Semoga gak ada yang nyesel ya, tapi kayanya pasti nggak lah perut kenyang, ketawa-ketawa masa nyesel sii”.