BU TITA DAN MURID-MURIDNYA

dokumentasi pribadi

 

Bukan masalah tempat yang nyaman yang menjadi alasan, kenapa bu Tita sering berkunjung ke TBM Arjasari, tapi lebih karena koleksi buku yang ada sangat banyak dan variatif. Karena untuk saat ini, di daerah Babakan Siliwangi Desa Pinggirsari yang menjadi tempat tinggalnya, belum ada perpustakaan seperti TBM Arjasari yang dapat memberikan informasi ilmu pengetahuan terbaru. Sehingga ia rela untuk jalan kaki selama 30 menit untuk berkunjung ke TBM Arjasari.
Bu Tita tidak sendiri, ia kadang mengajak murid muridnya untuk berkunjung. Kurang lebih ada sekitar 36 anak-anak Sekolah Dasar Pinggirsari 2 besertanya. Mereka membaca buku atau menikmati fasilitas lainnya seperti belajar komputer, olahraga bulutangkis, atau main basket. Kegiatan tersebut mereka lakukan dua minggu sekali, biasanya pada hari Rabu kedua dan keempat. Kesepakatan mereka sekitar jam 11 pagi harus sudah ada di TBM.
dokumentasi pribadi
Bu Tita adalah seorang guru. Ia telah mengajar kurang lebih hampir 12 tahun. Meski belum menjadi pegawai negeri namun panggilan jiwanya untuk mengabdi pada Negara tidak membuat ia mundur. Ia tidak pernah bosan belajar dan mengajar anak didiknya. Semangat berbakti itulah yang membuat Bu Tita tetap mengabdi sebagai Guru di SD Pinggirsari 2 Desa Pinggirsari.
“Kalau deket mah tempatnya, anak anak mau saya ajak ke sini tiap hari Sabtu,” ujarnya ketika berkunjung ke TBM belum lama ini. “Ini tempatnya enakeun, fasiltasnya lumayan. Kan komputer itu sekarang sangat penting bagi pembelajaran. Bisa macem-macem. Tuh lihat…anak anak…”
Bu Tita terobsesi untuk membuat media pembelajaran berbasis teknologi. Ia ingin mengajar dengan menggunakan power point seperti yang pernah ia pelajari di pelatihan yang dilakukan di TBM Arjasari. Bahkan ia juga ingin mengajarkan guru yang lainnya untuk mulai menggunakan komputer. Sebuah cita cita mulia, semoga saja, harapannya terkabul.

 

Abdul Holik

Pengelola TBM Arjasari Kabupaten Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: