IMPIAN DI TEPI BAKARO

buku Impian di Tepi Bakaro. dokumentasi pribadi

Karya ini permulaan yang baik untuk menyemai tradisi menulis (baca: intelektualisme) di kalangan muda Manokwari. Karya-karya ini memiliki nilai penting dari sisi sejarah kepenulisan di Papua Barat: Ini yang pertama, dan karenanya KSM saya sebut telah menetaskan sekaligus menghentikan kebuntuan tradisi di kalangan muda Manokwari dan Tanah Papua pada umumnya. Narasi yang menggunakan aksen Melayu-Papua dan setting kota Manokwari juga menjadi nilai lebih karya-karya ini.

(Patrix Barumbun Tandirerung – Wakil Pimpinan Umum Harian Cahaya Papua Manokwari)

Buku ini adalah kumpulan cerita pendek yang ditulis oleh teman-teman yang bergabung dalam Komunitas Suka Membaca Manokwari dan diterbitkan secara indie oleh mereka. Aku mendapatkan buku tersebut dengan dikirim langsung oleh perintis Komunitas Suka Membaca Manokwari, Bang David Pasaribu.

Buku Impian di Tepi Bakaro ini memberi warna pada pengalaman membacaku. Ceritanya sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cerita remaja pada umumnya. Tentang cinta, persahabatan, cita-cita, dan hal-hal semacamnya. Yang membuat buku ini istimewa adalah karena ditulis oleh penduduk Papua Barat. Ditulis dalam latar alam, budaya, dan dialek khas sana.

Selama ini, buku berbahasa Indonesia yang aku baca kebanyakan ditulis oleh orang Jawa, Sunda, dan beberapa Sumatra. Frasa kalimat dan idiom yang digunakan sangat familiar untukku. Membaca buku ini seperti aku yang sehari harinya diberi makan tahu dan tempe kemudian mendapatkan ikan asin.

Apa perasaannya dapat ikan asin?

Penasaran.

Namun beruntung aku mendapatkan ikan asin yang rasanya masih bisa diterima lidah tetapi tidak kehilangan rasa khasnya sebagai ikan asin.

Salut pada Faiz Ahsoul selaku editor buku ini. Beliau yang dibesarkan puluhan kilometer dari tanah Papua dan memiliki bahasa ibu yang berbeda dengan para penulis buku ini tetapi berhasil menjaga tulisan yang ada di buku ini tetap rasa Papua.

Meita eryanti

Meita eryanti

Anggota hore-hore dimana aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: