KAMPUNG LITERASI TBM SUKAMULYA CERDAS

dokumentasi pribadi

Bandung, 13 april 2017. Di Aula Kelurahan Sukamulya Kecamatan Cinambo Kabupaten Bandung dilakukan pembukaan Kampung Literasi yang diikuti oleh Camat, Lurah, TP-PKK Kelurahan, Ketua Pokja-Pokja PKK, Ketua RW se-Kelurahan, Ketua Posyandu se-Kelurahan, Ketua Karang Taruna, dan Kepala TK dan PAUD. Kegiatan kampung literasi merupakan perwujudan dari program Kemdikbud, dimana telah menunjuk 16 kabupaten/kota Indonesia menjadi penggerak Literasi dalam bentuk Kampung Literasi.

Salah satu daerah yang mendapatkan kepercayaan untuk dijadikan kampung literasi yaitu Kelurahan Sukamulya. Nama kampung literasi merupakan nama yang sudah tidak asing karena sudah banyak gerakan yang lebih dahulu menggalakkan literasi. Dengan kegiatan kampung literasi diharapkan masyarakat dapat memiliki kesadaran mengenai banyak permasalahan yang belum diketahui oleh masyarakat. Atas pertimbangan tersebut kampung literasi dinilai penting untuk masyarakat saat ini. Sebagai daerah yang mendapat kehormatan untuk menyelenggarakan kampung literasi di kabupaten bandung dalam pelaksanannya kampung literasi di Sukamulya diselenggarakan oleh TBM Sukamulya Cerdas dengan kegiatan meliputi sosialisasi dan sarahsehan kepada masyarakat Sukamulya. Kegiatan tersebut sebagai upaya memperkenalkan Kampung Literasi sekaligus sebagai sarana menampung ide/ gagasan, masukan serta tanggapan dari masyarakat.

PEMBUKAAN

Sebagai acara pembukaan Kegiatan kampung literasi dalam kegiatan kampung literasi di kelurahan sukamulya dilakukan oleh Bapak Camat Dadang Iradi sekaligus menjelaskan tentang arti pentingnya kampung literasi kepada masyarakat kelurahan sukamulya dalam penjelasannya camat sukamulya mengatakan “Adanya program literasi ini dirasa sangat penting dan strategis untuk pembangunan masyarakat, Sukamulya merupakan salah satu daerah yang dipercaya oleh pemerintah untuk menjadi Kampung Literasi. oleh karena itu kepercayaan yang sudah diberikan oleh pemerintah jangan disia-siakan, tapi benar-benar dilakukan dengan sebaik mungkin agar program tersebut dapat dilaksanakan secara berkelanjutan oleh warga Sukamulya”.

dokumentasi pribadi

PEMBAHASAN

Pembahasan mengenai konsep dari Kampung Literasi lebih jauh dijelaskan oleh Nicky Puspitasari selaku ketua Kampung Literasi. Pada intinya konsep dari literasi ini dilaksanakan di setiap RW dengan kegiatan pengembangannya di sesuaikan dengan 6 fokus literasi dari kampung literasi meliputi Literasi baca tulis, Literasi berhitung., Literasi kewirausahaan, Litearasi TIK, Literasi sains, Literasi seni budaya dan kewarganegaraan.

Kampung Literasi memiliki tujuan meliputi meningkatkan Pengetahuan, keterampilan dan sikap masyarakat sehingga memiliki kualitas hidup yang baik. Indikator keberhasilan dari Kampung Literasi diantaranya Meluasnya Informasi masyarakat terhadap program Literasi, Meningkatnya kunjungan masyarakat ke pusat aktivitas kampung Literasi untuk mendapatkan pengetahuan mencari informasi atau belajar keterampilan, meningkatnya layanan pengetahuan dan informasi pada jalur pendidikan nonformal berupa buku dan non buku yang tersedia pada TBM, pojok baca dilengkapi dengan teknologi informasi, masyarakat memiliki pengetahuan, keterampilan dan pengembangan sikap yang positif sehingga memiliki kualitas hidup lebih baik.

SARASEHAN

Sebagai agenda lanjutan yaitu ada kegiatan sarah sehan yang dipimpin oleh Bapak Teguh Ari Prianto dosen retorika Universitas Al-Ghifari selaku SC dari Kampung Literasi TBM Sukamulya Cerdas. Dalam sarahsehan tersebut diperoleh masukan 5 tanggapan mengenai masukan untuk program Kampung Literasi diantaranya mengenai masukan penempatan TBM di setiap RW, sarana dan prasarana, potensi yang dimiliki masyarakat di setiap RW sehingga program yang akan dilaksanakan sesuai dengan keinginan penyelenggara program maupun kebutuhan dan potensi masyarakat.

Dengan terselenggaranya sosialisasi dan sarahsehan kampung literasi di kelurahan sukamulya besar harapan masyarakat harapan masyarakat kegiatan kampung literasi dapat memberkan perubahan yang signifikan utamanya terhadap pembangunan serta menambah wawasan bidang keilmuan dari berbagai ilmu kemasyarakatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: