KUNJUNGAN STUDI BANDING PEGIAT LITERASI PROVINSI SUMATRA UTARA KE JAWA BARAT

Setelah menunggu berjam-jam akhirnya rombongan kunjungan studi banding tiba sore hari di rumah baca Ujung Berung Bandung pada hari Kamis 13 Juli 2017 sekitar jam 16.00. Rombongan yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusipda) Provinsi Sumatra Utara Ferry Harahap, disambut oleh para relawan RBU Ujung Berung dan ketua penyelengaranya yaitu Santi Susilawati. Turut menyambut juga pemerintah setempat yaitu Camat Ujung Berung Drs. Taufik, Lurah Cigending Drs. Karna Suherman, beserta Tim penggerak PKK kelurahan Cigending, sedangkan dari Dinas perpustakaan diwakili oleh Bu Kabid Hj. Neti Supriatin, MM dan dari Dinas Pendidikan kota Bandung dihadiri Bidang Dikmas Hj. Cucu Halimah.

dokumentasi pribadi

Rombongan disambut dengan tari merak oleh para remaja Karang taruna kelurahan Cigending, tentu ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi ketua rombongan. Beliau tidak menyangka akan disambut semeriah ini katanya. Selepas acara penyambutan dan acara seremonial sambutan dari tamu dan tuan rumah, para tamu dijamu dengan makanan khas Jawa Barat yaitu diantaranya Cilok, ongol-ongol, minumannya juga khas Jawa Barat yaitu bandrek disertai dengan rebus Suuk ( kacang tanah) dan pisang rebus.

Dalam kedatangannya ke RBU (Rumah Baca Ujung Berung) merupakan kunjungan ke Taman bacaan yang dianggap sudah berhasil dalam gerakan literasi dimana bisa mengerakan masyarakat untuk menggelorakan minat baca serta bisa mengubah pola hidup masyarakat dalam semua hal dan di Tahun 2016 kemarin Rumah baca ini telah meraih Juara Nasional pengelola TBM dalam Apresiasi GTK Paudni dan Dikmas. Taman bacaan bukan lagi penyedia sarana bahan bacaan tapi sebagai wadah pemberdayaan bagi masyarakat agar berdayaguna, melalui gerakan literasi, membaca akan terasa berguna apabila disertai implementasi dan menjadi sebuah karya nyata sebagai impact daripada membaca sebagaimana peran perpustakaan yaitu tempat respentatif, educatif dan wisata.

dokumentasi pribadi

Kini Masyarakat sekitar sudah bisa memanfaatkan Rumah baca secara optimal dan bukan lagi tempat yang dianggap menyeramkan serta dijauhi, dengan adanya rumah baca kini bagi masyarakat bisa sedikit meningkatkan kesejahteraannya melalui pembinaan keterampilan dan belajar kewirausahaan berbasis buku, sebagaimana disampaikan oleh Lurah Cigending dalam sambutannya, adanya Rumah baca ini tentu sangat membantu pemerintah dalam hal pemberdayaan masyarakat.

Rombongan sebelumnya berkunjung ke Dispusipda Jabar, Perpustakaan BI, perpustakaan Telkom, dan selanjutnya akan berkunjung ke Perpustakaan Desa Majasari di Indramayu. Kepala Dispusipda Sumatra Utara berharap dalam kegiatan ini semua Pustakawan serta pegiat literasi yang mengikuti kegiatan bisa saling berbagi masalah kegiatan pengelolaan perpustakaan maupun kegiatan literasi yang mengarah ke gerakan meningkatkan budaya membaca pada masyarakat, karena Jawa Barat sudah begitu dikenal dengan gerakan literasinya yang dilakukan oleh Taman bacaan maupun pustaka bergeraknya seperti angkot pustaka, sapeda baca, tahu pustaka, dan banyak kegiatan kretaif lainnya yang mendongkrak budaya baca masyarakat meningkat.

Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap pegiat literasi teladan yang berada di Provinsi Sumatra utara, dari tanggal 12 hingga 15 Juli 2017 pemerintah Sumatra Utara mengadakan kunjungan silaturahmi ke Jawa Barat bersama para pegiat literasi teladan yaitu Pustakawan perpustakaan dan pengelola TBM terbaik hasil dari apresiasi lomba yang diadakan oleh Dinas perpustakaan dan Arsip Daerah( Dispusipda) Provinsi Sumut.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari hari Rabu 12 Juli sampai tanggal 15 Juli 2017, rombongan berjumlah empat puluh orang yang terdiri dari para pustakawan berprestasi di Provinsi Sumatra Utara yang terdiri dari Putakawan perpustakaan daerah tiap Kabupaten, Perpustakaan kecamatan, Perpustakaan Sekolah Mulai dari SD sampai SMA, serta Perpustakaan Perguruan tinggi dan ada juga perpustakaan khusus yaitu perpustakaan lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang berada di Provinsi Sumatra Utara dan satu pengelola Taman Bacaan masyarakat.

Rohman Gumilar

Pengelola TBM Bina Kreasi Muda Sumedang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: