CINTA DALAM IKHLAS: AKU MENCINTAIMU, TAPI LEBIH MENGHARAPKAN-NYA

“Aku sudah berusaha mengiklaskanmu. Namun, pada akhirnya, memang masih kamu sosok yang aku yakini akan menjadi jodohku nanti. Ya, aku masih berharap kamulah yang menjadi pasanganku, meski sudah bertahun-tahun lamanya kita tidak bertemu. Keyakinanku kepadamu tak pernah pudar, fatwa hatiku masih tetap sama.”

dokumentasi pribadi

Cerita seorang anak yatim bernama Bintang Atharisena Firdaus yang berhijrah dari seorang anak band dengan penampilan yang acak-acakan dan suka mengantuk di kelas menjadi seorang bintang kelas yang saleh. Awalnya, Athar, nama panggilannya, berhijrah demi memantaskan diri dengan perempuan salihah yang disukainya, bernama Aurora. Namun seiring berjalannya waktu, Athar nyaman dengan dirinya yang sekarang. Dia kemudian memalingkan semua yang dia lakukan bukan lagi untuk Aurora. Tetapi untuk Allah. Dia bahkan sanggup melepaskan Aurora hingga dia siap untuk menikah.

Novel pertama karya Bayu Adhitya, yang lebih dikenal dengan panggilan Kang Abay, ini merupakan novel religi yang mengusung tema cinta. Nama Kang Abay dikenal di kalangan remaja muslim Indonesia sebagai seorang penulis lagu dan motivator reliji. Lewat akun YouTube pribadinya, Kang Abay mengunggah lagu-lagunya #CintaPositif dan #Singlelillah yang telah ditonton ribuan kali. Tak heran novel ini telah naik cetak 2 kali dalam seminggu pre-order.

Sebagai seorang motivator, Kang Abay banyak memberikan nilai-nilai positif dalam cerita di novel ini. Nilai yang ditekankan adalah cinta dalam ikhlas.

Mencintai adalah belajar mengikhlaskan, bukan belajar memiliki, karena semua yang kita cintai, sejatinya adalah milik Allah. Dan, akan disatukan, lalu dipisahkan atas izin dan rida-Nya.”

Dalam novel ini, Athar, sang tokoh utama mengalami beberapa kali kehilangan dalam perjalanan hidupnya. Kehilangan ayahnya, tetehnya, cita-cita masuk SMA favoritnya, terpaksa merelakan gadis yang disukainya, gagal masuk kampus impiannya, hingga dia kemudian bisa yakin akan rencana Allah untuknya.

Menerima kehendak-Nya dan mensyukuri setiap nikmat-Nya, itulah jalan bahagia,” Begitulah ibunya selalu mengajarkan Athar.

Selain cinta dalam ikhlas, novel ini mengajarkan pemuda untuk menjadi seorang singlelillah. Istilah yang juga diperkenalkan Kang Abay di lagunya. Singlelillah adalah seseorang yang menjadi single karena prinsip, seseorang yang tahu arah dan tujuan hidupnya. Berfokus untuk memantaskan diri dan mengejar cita-cita selamat di dunia dan di akhirat.

Setelah Athar berhijrah, memantaskan diri, dan berada di jalan menuju sukses, pada akhirnya siapakah yang menjadi jodoh bagi Athar. Apakah setelah melepaskan Aurora, Athar akan kembali bertemu dengannya? Ataukah ada gadis lain yang digariskan Allah untuk Athar?

 

Terimakasih kami ucapkan pada PT. Bentang Pustaka yang mengirimkan novel ini untuk di-review dan menjadi hadiah bagi pengirim artikel terpilih bulan ini.

Jabaraca

Jabaraca

Sebuah gerakan kultural untuk Jawa Barat dan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: