GELAR BUKU KE SEKOLAH (GEBKES)

dokumentasi pribadi

Gerakan literasi saat ini sedang ramai dibicarakan. Bukan hanya ramai di mulut tetapi juga ramai dilaksanakan. Gerakan literasi yang dilakukan dengan kegiatan membaca 15 menit sebelum belajar sudah dilaksanakan di sekolah-sekolah . Melalui pembiasaan membaca sebelum belajar ini diharapkan dapat menumbuhkan minat membaca siswa. Siswa bisa memanfaatkannya dengan membaca buku-buku non pelajaran. Tentunya siswa akan memilih buku yang disukai.

Maraknya kegiatan membaca sebelum belajar di sekolah, membuat perlunya menambah bahan koleksi yang harus dibaca. TBM (Taman Bacaan Masyarakat) yang merupakan sebuah lembaga penyedia bahan bacaan yang ada di masyarakat akan merasakan imbasnya. Banyaknya anak-anak yang datang ke TBM meminjam buku untuk dibaca di sekolah. Ini membuat TBM pun menjadi ramai, mulai banyak dikunjungi. Bahkan tidak hanya anak-anak, akan tetapi para orang tua yang meminjam buku untuk anaknya. Anaknya tidak mau datang ke TBM Karena malu.

Dalam rangka mendukung Gerakan Literasi Sekolah (GLS), kami, TBM AS Lebakwangi, mempunyai program GELAR BUKU KE SEKOLAH (Gebkes). Gelar buku ini kami laksanakan di sekolah-sekolah. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu. Dalam kegiatan gelar buku tersebut kegiatannya berupa bermain bersama, membaca buku, sosialisasi internet sehat, dan mendongeng.

Untuk pertama kalinya kegiatan Gebkes ini dilaksanakan di SDN Batukarut 01. SDN Batukarut 01 yang terletak di Desa Batukarut Kecamatan Arjasari tak jauh lokasinya dari TBM AS Lebakwangi. Kegiatan ini kami laksanakan pada hari Sabtu tanggal 5 Agustus 2017. Dengan diawali berbaris, siswa kelas 4,5 dan 6 kami ajak untuk bermain terlebih dahulu. Berhitung, bernyanyi dan bertepuk tangan agar para siswa merasa ceria dan antusias dalam berkegiatan.

dokumentasi pribadi

TBM AS Lebakwangi melibatkan Ayah Salwa dan Ibu Salwa dalam kegiatan ini. Ya kami menyebutnya “DUET BAHAGIA” bukan duet maut, hehehe….. Berbagi tugas diawal kegiatan, Ibu Salwa menyiapkan buku untuk dipajang dan Ayah Salwa mengkondisikan para siswa agar siap mengikuti kegiatan. Selanjutnya para siswa antri untuk mengisi buku pengunjung yang kami bawa dari TBM AS Lebakwangi. Para pelajar pun memilih buku yang mereka senangi dan membacanya dengan beralaskan lantai, wah asik sekali.

Para pelajar membaca buku dengan riang gembira. Terlihat beberapa siswa yang bertukar buku agar bisa membaca lebih banyak buku. Ayah Salwa pun melibatkan diri beserta anak-anak. Bahkan setelah mereka selesai membaca, Ayah Salwa dikerubungi anak-anak. Ayah Salwa bercerita tentang masa kecil dan manfaat membaca. Wah rasanya bahagia bisa dekat dengan anak-anak….

Kami terkesan dengan Ibu Noneng sebagai Kepala Sekolah yang menerima kami dengan baik. Hidangan makan yang disiapkan di ruang beliau, wajib disantap. Kami pun menikamati hidangan yang disediakan. Alhamdulillah….

Kegiatan berikutnya adalah kegiatan di kelas bagi siswa kelas 4, 5, dan 6. Ayah Salwa berbagi cerita tentang penggunaan internet, mulai dari facebook hingga youtube. Menyampaikan pesan, gunakanlah intenet untuk kebaikan! Apa yang dilihat dari internet sangat berpengaruh bagi otak anak-anak, kalau yang dilihatnya adalah yang baik-baik semoga tumbuh anak-anak yang baik.

Agar para siswa kelas 1 pun terhibur, Ayah Salwa masuk kelas untuk bercerita di depan kelas dengan membawa boneka. Serunya juga melihat anak-anak yang lucu-lucu. Mereka riang gembira mendengarkan dongeng yang disampaikan Ayah Salwa.

dokumentasi pribadi

Ehm…terima kasih Ibu Salwa yang luar biasa, mulai dari menyiapkan program sampai pelaksanaan berjalan dengan baik. Tepat pukul 11.00 WIB kami pun mengakhiri kegiatan di SDN Batukarut 01. Terima kasih anak-anak yang sudah membantu membereskan buku-buku yang kami pajang. Terima kasih pula bagi siswa yang datang ke rumah untuk memberikan boneka yang tertinggal di sekolah.

Bahagia rasanya kami TBM AS LEBAKWANGI bisa melaksanakan kegiatan GELAR BUKU KE SEKOLAH (GEBKES) Edisi 01.  Inilah kiprah kecil kami yang bisa dilakukan, agar keberadaan TBM AS Lebakwangi bisa dirasakan oleh lingkungan terdekat baik itu masyarakat maupun sekolah. Semoga kegiatan kami bisa terus berjalan dan datang ke sekolah-sekolah terdekat dengan TBM AS Lebakwangi.

Bambang Ayah Salwa

Pengelola TBM AS Lebakwangi Kab. Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: