AWAL MULA BERKEGIATAN DI TBM PENGELOLAAN LINGKUNGAN CIBUNGUR

dokumentasi pribadi

Semua berawal dari obrolan sederhana antara saya dan Ibu Juariah, salah satu guru di SMP 3 Batujajar, tempat saya bersekolah.

Sepulang sekolah kami berpapasan, kami bertegur sapa hingga terjadilah sebuah percakapan. Ibu Juariah menunjukkan arah jalan pulangnya ke Kampung Cibungur. Beliau menceritakan bahwa di dekat rumahnya ada sebuah perpustakaan bernama TBM (Taman Baca Masyarakat) Pengelolaan Lingkungan Cibungur. Saya sangat tertarik untuk berkunjung ke sana. Ibu Juariah lalu menyarankan saya agar menemui Dika.

Dika merupakan teman seangkatan saya di SMP, yang aktif di TBM Cibungur. Saya lalu menemui Dika, tujuannya tidak lain untuk menggali informasi tentang TBM Cibungur beserta program dan kegiatannya. Melalui perantara Ibu Juariah dan Dika lah saya dapat mengenal TBM Cibungur.

Hari yang cukup terik, saat pulang sekolah, ketika saya dan Dika berkujung ke TBM Cibungur. Saat tiba di TBM Cibungur saya melihat beberapa anak sedang asyik membaca di halaman perpustakaan tersebut. Saat pertama kali kami berkenalan, mereka nampak malu-malu, namun saya berusaha mencairkan suasana, hingga akhirnya saya dapat berkenalan dengan mereka. Dika, Ncun, Agus, Qadar, dan Sindy. Merekalah orang yang pertama kali saya temui di TBM.

Di lain waktu saya kembali mengunjungi TBM Cibungur. Kali ini saya bertemu dengan Pak Wildan yang akrab disapa pak Uil. Beliau adalah penggagas adanya taman baca di kampung Cibungur. Pak Uil menceritakan lebih banyak tentang TBM Cibungur.

Di taman baca yang terletak di Kampug Cibungur, Desa Batujajar Timur, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat saya mulai mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada disana. Sangat menyenangkan, teman dan pengalaman pun menjadi bertambah. Berbagai kegiatan seperti membaca bersama, kelas menulis, pelajaran tambahan sekolah, lomba-lomba, buka puasa bersama, pembinaan beasiswa Salman ITB, dan berbagai kegiatan lainnya turut mewarnai TBM Cibungur.

Di kelas menulis ada Mbak Meita yang bersedia menyisihkan waktunya untuk membagikan ilmunya kepada kami. Jika ada kesempatan saya dan teman-teman berlatih membuat karya tulis pada hari sabtu ataupun minggu. Banyak hal bermanfaat yang dapat saya ambil dari Mbak Meita karena Mbak Meita selain menemani kami belajar menulis juga suka berbagi cerita.

Senang sekali rasanya saya dapat bergabung dengan TBM Cibungur. Disana saya mendapat pengalaman dan hal baru yang sebelumya tidak saya temui tempat lain. Di TBM juga saya bertemu dengan sosok-sosok hebat yang peduli akan kemajuan bangsa. Dimana salah satu yang dapat mewujudkan kemajuan bangsa adalah dengan budaya membaca dari masyarakat Indonesia itu sendiri. Dan TBM hadir sebagai media untuk kita bersama meningkatkan minat baca kita.

Mita Puspita

Relawan di TBM Pengelolaan Lingkungan Cibungur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: