GADIS PENJUAL SAMPUL ITU BERNAMA FAIZA

dokumentasi pribadi

TBM (Taman Bacaan Masyarakat) Hegar Manah yang terletak di kampung Karanganyar desa Mekarmulya kecamatan Malangbong kabupaten Garut ini, baru berdiri kira-kira 1,5 tahun yang lalu. Namun kami memiliki beberapa pengunjung kecil yang setia untuk datang kemari. Salah satunya adalah Faiza Awalia Siti Ramadhani, yang biasa dipanggil Faiza.

Di TBM Hegar Manah, selain berkegiatan membaca dan meminjam buku, kami juga mengajak anak-anak untuk belajar menulis dan berketrampilan. Kami membuat bermacam-macam karya seperti bros, tempat pensil, dan sampul buku.

Sampul buku karya anak-anak di TBM Hegar Manah ini banyak diminati oleh siswa SD maupun SMP di sekitar lingkungan TBM. Faiza adalah salah satu anak yang membuat dan menjual sampul buku yang ia bikin bersama dengan teman-temannya di TBM Hegar Manah.

dokumentasi pribadi

Faiza berasal dari kelurga sederhana dan datang dari kampung sebelah. Ia bersekolah di SMP Pasundan desa Campaka. Di balik keterbatasan ekonomi orangtuanya, Faiza tidak pantang menyerah. Ketekunannya dalam menulis dan membaca sangat patut diacungkan jempol. Karyanya pun sudah banyak dari mulai cerpen, komik, cerbung, puisi, dan artikel.

Dia bersemangat untuk mengajak teman-teman membawa dagangan berupa sampul dan bros hasil kreasi dari TBM Hegar Manah untuk dijual kepada teman sekolahnya. Sebagian siswa SMP Pasundan tempat Faiza sekolah, tertarik dan selalu memesan sampul dan bros tersebut. Hasil penjualannya bisa membantu menambah uang jajan yang terkadang tidak diberikan oleh orangtuanya karena keterbatasan.

dokumentasi pribadi

Teman-teman yang diajaknya mulai meniru dengan apa yang selama ini Faiza kerjakan. Dari mulai datang ke TBM untuk membaca sampai membuat dan membawa sampul-sampul untuk dijual ke teman-teman pengajian di kampungnya.

One thought on “GADIS PENJUAL SAMPUL ITU BERNAMA FAIZA”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: