MEMBACA UNTUK KEHARMONISAN RUMAH TANGGA

dok pri Meita Eryanti

Sudah lebih dari 2 tahun Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Hegar Manah Garut berdiri. TBM Hegar Manah Garut, yang terletak di Kp.Karanganyar ds.Mekarmulya Kec.Malangbong Kab.Garut, ini terus berupaya mengadakan berbagai macam buku untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Pengunjung TBM datang dari berbagai kalangan, termasuk ibu-ibu. Walaupun kebanyakan dari pengunjung adalah pelajar.

 

Salah satu upaya saya, sebagai pengelola TBM, untuk menyebarkan kebiasaan membaca adalah menitipkan buku pada anak yang sering berkunjung ke TBM untuk orang terdekatnya. Bisa untuk ibunya, ayahnya, saudaranya, atau keluarganya yang lain. Tentang hal ini, saya punya cerita menarik.

 

Saya kenal cukup dekat dengan orang tua salah seorang anak yang sering datang ke TBM. Anak ini sekarang duduk di bangku kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah (MI). Dia sering berkunjung ke TBM sejak masih TK. Pertama kali datang ke TBM dia terbata-bata membacanya. Karena banyak membaca buku di TBM, sekarang sudah sangat lancar membacanya.

 

Ibu anak ini menikah ketika masih berusia 14 tahun dan sekarang pun masih berusia 35 tahun sedangkan ayahnya 15 tahun lebih tua daripada ibunya. Ayahnya seorang buruh bangunan dan kuli cangkul. Anak ini memiliki 3 orang kakak dan seorang adik yang masih berusia 1 tahun.

 

Mungkin karena kondisi rumahnya yang ramai, Sang Ibu menjadi agak sensitif dan galak. Sekali dua kali saya pernah mendengarnya memarahi suami dan anaknya. Bahkan, anaknya yang ke 3, seorang gadis yang sekarang duduk di bangku kelas 7 MTs tidak diperkenankan keluar rumah. Beliau jarang bergaul dengan tetangga, namun sering curhat ke saya tentang masalah keluarganya. Tentang suaminya dan tentang kondisi ekonomi keluarganya.

 

Suatu hari anaknya datang ke TBM, saya mencoba menitipkan buku untuk ibunya. Buku itu berjudul “Merawat Cinta Kasih Menurut Syariat Islam (Terjemah Qurrotul Uyun)” oleh Muhammad Attihani setebal 194 halaman. Buku ini berisi antara lain tentang hukum dan rukun nikah, kewajiban suami istri, nasihat-nasihat untuk para istri, dan ancaman bagi istri yang tidak taat kepada suami. Yang paling menarik dari buku tersebut adalah penjelasan secara detail tentang tata krama dan cara-cara bergaul dengan suami  menurut syriat Islam dilengkapi dengan dalil-dalil dari Al-Quran dan Al-hadist. Bagi saya pribadi, yang masih awam dalam membina rumah tangga menurut
syariat Islam, buku ini sangat berarti sekali.

 

Selang 2 hari, Sang Anak kembali lagi ke TBM untuk mengembalikan buku yang telah dipinjamnya, termasuk buku yang dititipkan untuk ibunya.

 

http://id.pricepedia.org

“Mamah Faiz, mamah suka dengan bukunya. Kata mamah, ada lagi gak buku bagus seperti itu?” tanyanya.

 

Saya masuk sebentar ke dalam rumah untuk memilih buku kira-kira akan diminati oleh ibu anak ini. Buku-buku yang tidak diperuntukkan untuk anak-anak sengaja saya pisah dan disimpan di dalam rumah. Tak lama, saya keluar sambil membawa buku berjudul “Ramuan Herbal Pengharmonis Rumah Tangga” dan sebuah novel berjudul “Manusia Asap dari Pattaya” yang ditulis oleh Marga T. Untuk novelnya, sebetulnya saya belum membacanya karena kurang tertarik. Namun, saya coba titipkan ke ibu Sang Anak. Siapa tahu dia berminat.

 

Selang beberapa hari, Sang Anak datang kembali ke TBM dan berkata, “Mama Faiz, kata mamah, bukunya rame sekali yang novelnya. kalau ada pingin baca yang novel kayak gini lagi.”

 

Saya hanya tersenyum mendengarnya.

 

Hari berganti hari, minggu berganti minggu, bulan berganti bulan. Akhirnya, ibu anak itu menjadi pembaca setia di TBM Hegar Manah hampir setahun. Respon positif diutarakan ibu dari 5 orang anak ini.

 

“Mamah Faiz, trimakasih ya atas bukunya. Alhamdulillah, buku yang saya baca banyak yang membawa berkah. keharmonisan rumah tangga saya yang sempat tergoyah kini menjadi kokoh. Mudah-mudahan selamanya bisa menjadi keluarga sakinah, mawadah, warohmah,” katanya.

 

“Amiin.. Syukurlah,” hanya itu yang bisa saya ucapkan.

 

Tidak terhitung sudah berapa puluh novel yang telah dibaca olehnya. Yang pasti, tiap kali ada bacaan baru yang sekiranya cocok untuknya, saya selalu memberi tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: