APRESIASI DARI IBU KEPALA DESA MEKARMULYA

dok pri Mama Faiz

Tidak harus mewah ataupun megah untuk sebuah apresiasi bagi mereka yang tekun, khususnya anak-anak. Sebuah penghargaan mempunyai arti tersendiri apalagi dari orang yang disegani.

 

Beberapa minggu yang lalu, saya dan suami, sebagai pengelola TBM (Taman Bacaan Masyarakat) Hegar Manah yang terletak di desa Mekarmulya, Kecamatan Malangbong, Garut, bersilaturahmi ke kediaman Kepala Desa Mekarmulya yang juga merupakan tetangga kami. Dalam kesempatan itu, saya menceritakan tentang TBM Hegar Manah dan segala kegiatan yang ada di TBM.

 

Pada hari Minggu, tepatnya tanggal 28 Januari 2018 yang lalu, Ibu Kepala Desa Mekarmulya, Ibu Mumu Mustofa, berkunjung ke TBM Hegar Manah. Betapa gembiranya anak-anak pengunjung TBM menyambut Ibu Kepala Desa. Lebih menyenangkan lagi, Ibu Kepala Desa datang membawa bingkisan. Bingkisan ini adalah bentuk apresiasi pada anak-anak yang selama ini rajin membaca buku dan berkegiatan di TBM Hegar Manah.

 

Anak-anak yang mendapatkan apresiasi itu adalah Ananda Assifa dan Santi, siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Annur dari Kampung Karanganyar yang giat belajar membaca di TBM Hegar Manah sejak masih TK hingga kini sudah mampu membaca novel yang tebalnya 100 halaman. Apresiasi selanjutnya diberikan kepada Ananda Muhammad Nashiruddin yang banyak menuangkan ide cerita dalam pembuatan komik yang sedang dikerjakan di TBM. Anak lain yang mendapatkan apresiasi terkait “proyek” komik adalah Adam Dermawan, M. Nabil, dan Rexsa Resdiansyah yang sudah membuat 6 judul komik.

 

dok pri Mama Faiz

Apresiasi terakhir diberikan kepada Faiza Awalaia Siti Ramadhani yang banyak menulis. Beberapa karyanya sudah dimuat di beberapa media antara lain redaksi online “Juggala News”, buku antologi BOC (Biblio Circo) komunitas pencinta Perpustakaan Cilacap Jawa Tengah yang diterbitkan oleh bebookpublisher, dan Kumpulan pisi Pesan Cinta Untuk Sahabat diterbitkan oleh Fam Aishiter menulis Kediri Jawa Timur.

 

Apresiasi pada anak-anak ini berupa bingkisan yang berupa alat tulis. Di akhir kunjungannya, Ibu Kepala Desa Mekarmulya memberikan PR pada anak-anak supaya lebih rajin lagi mengikuti kegiatan di TBM. Ibu Kepala Desa Mekarmulya akan memberikan kejutan lain untuk anak yang rajin mengikuti kegiatan dan rajin membuat karya.

 

Ini adalah awal yang baik untuk keterlibatan Ibu Kepala Desa Mekarmulya di TBM Hegar Manah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: