MELEK HUKUM BERBASIS LITERASI DI ZAMAN NOW

suasana sesi foto bersama peserta dan narasumber (dok pri)

Apa itu hukum? Kita sering mendengar kata hukum, namun arti dari hukum yang sebenarnya mungkin tidak semua orang faham.

Hari Sabtu, tanggal 10 maret 2018, bertempat di Gedung Serbaguna Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Perpustakaan desa Cibodas bekerjasama dengan STKIP Pasundan, Cimahi mengadakan seminar dengan tema “Melek Hukum Berbasis Literasi Zaman Now”. Seminar ini dihadiri oleh 75 orang, yang terdiri dari siswa SMA dan sedrajatnya, tutor PAUD, dan pengurus PKK. Acara ini dihadiri juga oleh Kepala Bidang Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung Barat (Kabid Disarpus KBB), Bp.Rahadian Setiyadi dan Fasilitator Perpustakaan di KBB.

Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian sambutan sekaligus pembukaan oleh ketua BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Desa Cibodas, Bapak Asep Sumpena dan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Desa Cibodas, Bapak Dindin Sukaya.

Sesi kedua yaitu acara inti. Dimulai dengan energizer berupa senam Gemu Pamire yang diikuti semua peserta yang hadir tidak terkecuali tamu undangan. Setelah semuanya tampak bersemangat, narasumber pertama yaitu Drs. Eriyandi Budiman menyampaikan materinya. Beliau adalah fasilitator perpuseru dari Cocacola Foundation Indonesia yang menyampaikan tentang pentingnya mengenal hukum untuk anak remaja dan pengenalan literasi sekolah. Materi kedua disampaikan oleh ibu Aprillo Poppy S.H, M.Pd. Beliau adalah dosen dari STKIP Pasundan Cimahi yang menyampaikan tentang kejahatan dunia maya (Inggris: cybercrime) dan bagaimana cara penggunaan media sosial seperti Whatsapp, Facebook, Twitter, Instagram, dll dengan benar dan tidak menyalahi aturan/hukum. Kemudian narasumber ketiga yaitu ibu DR.Neneng T .SH.M.Pd, dosen STKIP Pasundan, menyampaikan materi tentang contoh kasus yang terjadi karena penyalahgunaan media sosial.

Selesai penyampaian materi diada sesi tanya jawab. Banyak pertanyaan yang muncul pada sesi ini dari peserta. Walaupun materi yang disampaikan banyak contoh kasus kejahatan di dunia maya, namun ada juga yang mempertanyakan kasus kejahatan yang terjadi di dunia nyata. Salah satu pertanyaannya disampaikan oleh peserta dari Madrasah Aliyah, “Bagaimana hukumnya kalau terjadi main hakim sendiri terhadap orang yang melakukan pencurian?” Ini menggambarkan betapa pentingnya edukasi tentang hukum pada masyarakat luas, baik di dunia maya maupun di dunia nyata.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian salah satu program Perpustakaan Desa Cibodas yaitu pelibatan masyarakat, oleh Ibu Nia Kurniasih, pengelola Perpustakaan Desa Cibodas. Beliau juga mengajak siswa/siswi yang hadir sebagai peserta seminar untuk berkunjung ke perpustakaan. Selain itu perpustakaan desa Cibodas mengadakan gelar buku dan pameran produk UKM binaan Perpustakaan Desa Cibodas. Queen Kefir, Queen Sabun Susu, dan Queen Masker merupakan produk impact dari Perpustakaan Desa Cibodas. Pukul 13.00 acara selesai dan ditutup dengan sesi foto bersama peserta, panitia, dan narasumber.

Semoga seminar yang telah kami laksanakan membawa manfaat dan impact yang baik bagi peserta. Semoga masyarakat di Kecamatan Lembang menjadi masyarakat yang melek hukum sehingga kehidupan masyarakat dapat berlangsung aman dan damai. Apabila masih banyak masyarakat yang belum melek hokum, maka akan banyak penyelewengan atau pelanggaran hukum yang terjadi.

Terimakasih kepada STKIP PASUNDAN yang sudah bekerjasama dalam acara seminar ini, semoga ke depannya kita dapat bersinergi dalam kegiatan yang lainnya.

Liah

Pengelola Perpustakaan Desa Cibodas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: