SERING BERKUNJUNG KE PERPUSTAKAAN, RIO APRIADI JADI JAJAKA PINILIH DAN DUTA WISATA KABUPATEN SUKABUMI

dok.pri

Namanya Rio Apriadi, seorang remaja yang banyak disukai para gadis seusianya, karena sosoknya yang tampan, tinggi berkulit putih dan saat ini duduk sebagai siswa SMA kelas XII. Rio menjadi anggota perpustakaan Taman Pamekar Desa Kabandungan  sejak tahun 2016. Dari kecil memang Rio senang membaca, aktifitas ini biasanya dia lakukan di rumah dan membaca bahan-bahan bacaan melalui smartphone.

Perpustakaan Taman Pamekar Desa Kabandungan adalah Perpustakaan Desa Kabandungan, Kecamatan Kabandungan yang terletak dilereng Gunung Salak Kabupaten Sukabumi. Perpustakaan ini menjadi tempat yang sangat digandrungi oleh masyarakat desa. Tempatnya nyaman untuk membaca, fasilitasnya pun boléh dibanggakan. Pihak Desa Kabandungan dan beberapa instansi swasta, di antaranya Star Energy, menyuport perpustakaan ini.

Rio menjadi betah di perpustakaan bermula dari mengantar mengantar temannya yang akan mengembalikan buku ke Perpustakaan Taman Pamekar Desa Kabandungan. Saat itu di perpustakaan dilaksanakan kegiatan storytelling untuk anak-anak TK PGRI Cipanas. Rio melihat perpustakaan ini berbeda dari apa yang selama ini Rio bayangkan tentang perpustakaan.

Dalam bayangan Rio perpustakaan itu tempat yang membosankan, penuh dengan tumpukan buku yang berdebu, petugas perpustakaana berkaca mata tebal dan tidak ramah, seperti yang suka Rio lihat di film-film. Akan tetapi setelah Rio melihat sendiri Perpustakaan Taman Pamekar  ternyata berbeda dari bayangannya selama ini, tidaklah heran pada kunjungan pertama Rio langsung mendaftarkan diri menjadi anggota perpustakaan.

Sejak itu Rio secara rutin berkunjung ke perpustakaan walaupun bukan warga Desa Kabandungan. Perjalanan dari rumahnya menuju Perpustakaan Taman Pamekar memakan waktu sekitar satu jam dengan menggunakan sepeda motor. Ia tempuh demi bisa membaca dan bisa meminjam bahan pustaka. Di perpustakaan ia juga bisa memanfaatkan layanan internet.

dok.pri penulis

Pada bulan Agustus 2016 Perpustakaan Taman Pamekar menyelenggarakan kegiatan penyuluhan tentang remaja sehat dan wisata positif serta bahaya narkoba, HIV/AIDS dan bahaya seks bebas  bekerjasama dengan Paguyuban Mojang Jajaka Kabupaten Sukabumi. Pada kegiatan tersebut perpustakaan mengundang Jajaka Wakil II Kabupaten Sukabumi, Abdul Natsir sebagai nara sumbernya.

Rio menjadi salah satu peserta di kegiatan tersebut. Seperti peserta yang lain, Rio  anatusias mengikuti kegiatan penyuluhan wisata positif dan  aktif  dalam mengikuti sesi diskusi. Bagi Rio kegiatan penyuluhan remaja sehat dan wisata positif sangat bagus, karena menurut Rio masih banyak remaja  yang belum paham akan bahayanya seks bebas dan bahaya narkoba serta bahayanya HIV dan AIDS. Tentang wisata positif bagi Rio sebagai bekal kalau beriwisata: apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan di lokasi wisata.

Setelah mengikuti kegiatan-kegiatan pelibatan masyarakat di perpustakaan, Rio secara rutin berkunjung ke perpustakaan, dari daftar bahan bacaan yang Rio pinjam, buku bertema wisata dan pariwisata lebih sering Rio pinjam.

dok.pri penulis

Awal tahun 2018, terdapat pengumuman pendaftaran seleksi pemilihan Mojang-Jajaka Kabupaten Sukabumi, dan Rio turut menjadi salah satu pendaftar. Rio menjadi salahsatu peserta yang lolos seleksi dan menjadi finalis di pemilihan mojang-jajaka Kabupaten Sukabumi.

Kesukaannya terhadap wisata yang berawal dari keikutsertaannya di kegiatan penyuluhan wisata positif, mampu menginspirasi dan  memotivasi Rio untuk lebih dapat berkontribusi dalam bidang pariwisata di Kabupaten Sukabumi, dan pada malam final 14 Mei 2018 Rio menjadi Jajaka Pinilih Kabupaten Sukabumi dan menjadi satu-satunya Jajaka pinilih yang masih duduk di bangku SMA.

Dengan terpilihnya Rio menjadi Jajaka Pinilih Kabupaten Sukabumi, Rio mengemban tugas sebagai duta wisata Kabupaten Sukabumi. ***

Lia Yulianti

Lia Yulianti

Kepala Perpustakaan Taman Pamekar desa Kabandungan kabupaten Sukabumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: